Artikel dicopy blog lain? mungkin penjelasan ini membantu

By | June 3, 2018
Artikel dicopy blog lain? mungkin penjelasan ini membantu

Artikel dicopy blog lain? mungkin penjelasan ini membantu

Kerap sekali saya mendapatkan pertanyaandari pembaca yang mungkin juga sudah mengelola blog. Meminta pendapat saya tentang aktivitas copy paste artikel oleh blog lain. Bukan maksud saya mengatakan kalau blog ini terkenal ( karena memang tidak ), namun jujur banyak juga artikel di blog ini di copy oleh orang lain dan di posting di blog mereka sendiri. Karena kalau lagi senggang saya suka cek di Google, yah ada yang copas tanpa memberikan link aktif, bahkan link mati pun atau mencamtumkan sumber asli atau tidak.

Lalu apakah saya marah atau kesal ? tentu tidak, sepanjang aktivitas blogging saya sejak awal tahun 2015 lalu saya melihatmemang aktivitas copy paste konten artikel ini memang hal yang lumrah tetapi sebenarnya mungkin tidak di benarkan. Bahkan ada beberapa blog yang saya lihat begitu rajin copas artikel di blog ini, hampir semua artikel baru saya setiap harinya di copas, saya prediksi admin blog tersebut pun rajin berkunjung ke blog ini.

Artikel dicopy blog lain? mungkin penjelasan ini membantu

Menulis artikel sebenarnya sudah menjadi kebiasaan saya, memang saya suka share hal-hal apapun yang saya kira menarik, yah meskipun sehari hanya bisa posting 1 artikel saja karena disambil kesibukan saya lainnya. Jadi biarpun artikel saya dicopas oleh pihak lain saya tidak terlalu memusingkannya, karena memang internet itu luas kita tidak mungkin bisa membatasi hal-hal yang di lakukan oleh orang lain terkait dengan blog kita.

Berhubung ada pembaca yang menayakan soal plagiat konten tersebut saya sekaligus ingin share pendapat, saran dan hal-hal yang saya ketahui soal topik ini. Bagi teman-teman yang juga mungkin saat ini lebih suka copas artikel dari blog lain saya berikan tipsnya juga kok.

Siapa dan apa tujuan copy artikel

Biasanya kegiatan plagiarism yang di lakukan oleh blog lain bertujuan untuk memperbanyak jumlah artikel di blog mereka dengan harapan trafik visitor atau pembaca di blog mereka cepat meningkat. Terlebih membuat artikel yang original itu susah-susah gampang, mungkin butuh waktu sampai berjam-jam. Kalau saya lihat sih biasanya yang copy paste itu blog-blog baru, kalau untuk blog besar atau yang sudah berdiri lama jarang sekali mereka copas artikel di blog lain secara mentah-mentah.

Lalu apakah blog dengan konten copas bisa tumbuh besar ?

Bisa kok blog copas itu tumbuh besar, meskipun hal tersebut jarang sekali. Contoh blog yang isi kontennya copas dan berhasil tumbuh besar adalah terselubung.in, namun blog tersebut memberikan link aktif ke konten asli yang di copas dan menurut saya ini jarang sekali di lakukan oleh blog copas lainnya. Blog tersebut menurut saya cukup berhasil dan bahkan cukup terkenal dan punya ciri khas sendiri.

Tapi saya rasa sekarang ini membesarkan blog yang isi kontennya hasil duplikat dari situs lain sangat sulit. Menurut saya algoritma mesin pencari selalu di update, saya rasa mesin pencari pun punya tindakan tersendiri terhadap blog copas ini. Tentunya mesin pencari baik Google, Bing dan yahoo tak mau hasil penelusurannya mereka di penuhi oleh konten-konten yang tidak original. Bahkan Google sendiri sudah menyediakan wadah untuk melaporkan tindakan plagarism konten dan Google akan segera menghapusnya dari hasil penelusuran mereka, nanti akan di bahas di paragraf selanjutnya soal hal ini.

Apakah artikel copy paste bisa masuk halaman pertama / teratas google ?

Masuk di halaman pertama dan berada di posisi pertama itu mungkin saja, tapi saya rasa hal ini jarang terjadi kalau artikel tersebut hasil copy mentah-mentah tanpa mengedit satupun kalimat di dalamnya. Biasanya artikel asli yang dicopy lebih mempunyai peringkat yang bagus di mesin pencari. Setahu saya melalu data terstruktur mesin pencari bisa tahu artikel tersebut lebih dulu di posting di blog yang mana.

Tips bagi bloga yang di copas

  • Proteksi anti copas

Kalau kamu merasa di rugikan dari tindakan plagiat konten ini, kamu bisa mencoba tips seperti memproteksi agar artikel blog tidak bisa di copy, blok maupun klik kanan. Sebenarnya cara ini bisa dibobol juga, hanya saja si plagiat tentu bekerja lebih untuk bisa mengkopi konten artikel kamu. Untuk tutorial cara melakukan hal tersebut sudah ada banyak di Google silakan bisa di terapkan di blogger/ blogspot atau wordpress.

  • Laporkan ke DMCA

Kalau kamu mau menghilangkan artikel copas di hasil penelusuran google karena mungkin menyaingin peringkat artikel kamu, silakan laporkan link artikel yang disuga copas itu ke DMCA.com, untuk tutorialnya sudah banyak di google. Nanti setelah di laporkan DMCA maka link tersebut akan di take down atau di hapus dari hasil penelusuran Google.

  • Tegur langsung ke pemilik blog copas

Atau kamu bisa juga menghubungi pemilik blog yang mengcopas artikel kamu agar tidak melakukan hal demikian atau menghapus artikel tersebut. Sampaikan dengan kata-kata yang baik dan itikad yang baik, soal bagaimana respon admin blog copas tersebut tentu itu diluar kendali kamu yang penting sudah mencobanya.

  • Tips bagi blog yang suka copas

Saya himbaukan untuk yang masih suka copas artikel dari blog lain maka bertobatlah ( bercanda :v ). Iya beberapa tips berikut mungkin bisa membantu agar tindakan copas yang kamu lakukan semakin efektif dan efisien.

  • Hindari mengcopas blog yang sudah besar

Mengcopy artikel blog yang sudah besar saya katakan nyaris tidak ada gunanya, kenapa ? dengan artikel original saja kamu belum tentu bisa mengalahkan posisi artikel di google apalagi dengan konten duplikat. Kenapa hal ini terjadi, karena website atau blog yang sudah besar mempunyai peringat yang lebih kuat di google atau mesin pencari lainnya, ini sangat sulit di saingin oleh blog yang masih baru.

bagaimana cara cek peringkat sebuah situs ? bisa mengunakan tool seperti alexa, DA dan PA dan lain sebagainya. Jadi kalau mau copas tentu lebih efektif dilakukan ke blog baru yang mana peringkat situsnya masih lemah, maaf ya saya tidak menyarankan tindakan apapun terkait plagarism konten.

  • Jangan gunakan blogspot/blogger

Saya sarankan jangan mengunakan blog berplatform blogger atau blogspot untuk dijadikan blog copy paste. Karena nanti bisa saja blog kamu dihapus sama di empunya (google) lantaran pelanggaran konten, gak percaya ? percaya saja deh. Yang posting konten-konten original saja bisa dihapus karena ada penyebab lain apalagi yang isi kontennya copas mentah-mentah dari situs lain, cepat atau lambat pasti bisa kena klaim.

  • Kalau bisa, copas yang sehat

Copas kok sehat ? maksud saya jangan copy mentah-mentah artikel dari situs lain. Tapi ambil intisari setiap paragraf dan ketik ulang di blog kamu. Mungkun terkesan ribet ya ? tapi tidak seribet seperti membuat konten baru yang benar-benar unik.

  • Kasih lah link ( backlink ( ke konten aslinya

Memberikan link ke konten aslinya tidak rugi kok, kenapa karena memang standar penulisan artikel yang SEO seperti yang saya kutip dari berbagai sumber menyarankan minimal ada 1 link keluar ke halaman yang relavan. Terkadang teknik malahan bisa membantu menaikkan peringkat artikel kamu di halaman mesin pencari. Selain itu seharusnya pemilik konten asli tentu tak akan merasa keberatan kalau mereka memberikan link ke artikel aslinya.