Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya

By | May 30, 2018
Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya

Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya

Pemahaman tentang macam dan jenis layar penting buat kamu untuk ketahui, karena sekarang ini teknologi layar tidak cuma digunakan di smartphone saja melainkan juga seperti laptop, monitor komputer, LED smart TV dan lain sebagainya. Kualitas layar patur di pertimbangkan karena hal ini menyangkut kepuasan dan kenyamanan dalam memandang layar nantinya.

Saya pribadi pun sempat menyesal lantaran kurang pahamnya tentang teknologi dan spesifikasi layar monitor, beberapa waktu yang lalu saya sempat membeli laptop dengan ukuran layar 15,6 inch dan niatnya pun sebenarnya untuk gaming. Sayangnya saya memilih laptop dengan spesifikasi layar HD, padahal nambah biaya sedikit lagi dapat yang Full HD yang mana pixelnya lebih rapat sehingga gambar menjadi lebih tajam.

Perbedaan layar HD, Full HD, Ultra HD dan jenis ukuran layar lainnya

Ukuran layar erat kaitannya dengan PPI atau pixel Density, Yaitu tingkat kerapatan pixel layar. Jadi semakin rapat pixel sebuah layar maka nilai PPI nya semakin tinggi selain itu memperhitungkan ukuran layar itu sendiri juga. Semakin rapat pixel layar maka semakin tajam gambar yang di hasilkan, semakin tajam tentu semakin jelas dan puas tampilannya.

Nah berikut ini beberapa jenis layar dari qHD, HD, FHD, UHD hingga layar terbaru 8k serta kisaran harga layar monitor di pasaran.

qHD

qHD adalah quarter HD kualitas layar dengan resolusi 960 x 540. qHD atau seperempat HD ini merupakan jenis layar yang penggunaannya sudah mulai jarang sekarang ini terutama untuk produksi layar monitor. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar ratusan ribu rupiah.

HD

HD adalah layar dengan resolusi pixel 1280 x 720 dan tipe layar ini umum digunakan saat ini. HD merupakan singkatan dari High Definition. Resolusi 1280 x 720 umum di gunakan di layar monitor dengan ukuran 14 sampai 15 inch dengan rasio 16:9, sering disebut juga dengan layar 720p. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 1 jutaan.

WXGA

WXGA adalah layar dengan resolusi pixel 1366 x 768 dan umum digunakan di lar monitor dengan ukuran 14 sampai 15 inch dengan rasio 16:9. Sekilas tampilan dari layar WXGA dan HD ini tidak berbeda jauh walaupun kualitas WXGA lebih baik. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 1,5 jutaan.

FHD

FHD adalah layar Full HD dengan resolusi pixel 1920 x 1080, sering disebut juga dengan layar ukuran 1080p. Resolusi layar FHD umum digunakan di layar monitor dengan ukuran 14 sampai 17 inch dan beberapa untuk 32 inch dengan rasio 16:9. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 2 sampai 3 jutaan.

QHD

QHD adalah layar dengan resolusi pixel 2560 x 1440, kepanjang QHD adalah Quad HD dimana kualitas pixel jenis layar ini 4x dari layar HD. Layar QHD di sebut juga dengan layar 2k atau juga WQHD (Wide Quad HD).

Secara umum penggunaan layar QHD di gunakan pada LED monitor atau smart tv dengan ukuran layar sampai 42 inch. Sementara untuk penggunaan di layar smartphone resolusi QHD ini digunakan di smartphone flagship atau ponsel pintar kelas menegah ke atas (high end). Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini berkisar 3 sampai 5 jutaan.

UHD

UHD adalah layar dengan resolusi pixel 3840 x 2160, UHD merupakan singkatan dari Ultra HD. Layar UHD menampilkan gambar yang cukup tajam, resolusi UHD ini bisa dikatakan resolusi layar terbaik yang umum digunakan pada saat ini dan sering disebut juga dengan layar 4k.

Resolusi layar UHD digunakan juga untuk smart TV dan juga penggunaan untuk aktivitas dengan kebutuhan visual yang tajam, rata-rata digunakan untuk layar monitor dengan ukuran diatas 32 inch. Untuk penggunaan di perangkat mobile, resolusi layar ini ditujukan untuk ponsel pintar kelas atas. Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layr ini berkisar 5 sampai 10 jutaan.

8K

Kebetulan saya kurang paham apa nama lain dari layar 8K, yang jelas layar ini mempunyai resolusi pixel 7680 x 4320 dan merupakan teknologi dengan resolusi terbaik saat ini. Namun jenis layar ini masih jarang di gunakan, selain harganya yang super mahal sebagian besar grafis komputer seperti sekarang ini belum mendukung layar 8K. Namun salah satu pabrikan ternama Dell sudah mengeluarkan layar dengan resolusi 8K ini.

Untuk jenis layar monitor tanpa mempertimbangkan merk, harga di pasaran jenis layar ini adalah puluhan juta rupiah. Kalau melirik harga yang di tawarkan oleh dellpoker, layar monitor 8K ini di bandrol dengan harga berkisar 40 sampai 65 jutaan untuk tahun 2017.

Diatas adalah beberapa jenis resolusi layar dan penjelasannya, lalu jenis layar mana yang terbaik ? tentu layar dengan resolusi pixel paling tinggi. Di indonesia resolusi layar tertinggi saat ini adalah Ultra HD atau 4K yang sudah di implementasikan di monitor komputer dan smart TV. Sedangkan layar 8K untuk sekarang ini tahun 2017 sepertinya belum masuk ke indonesia.